-->
Monday, June 6, 2016

Pengertian Indikator Beserta Fungsinya



Pengertian Indikator Beserta Fungsinya
Pengertian IndikatorBeserta Fungsinya- Induktor komponen yang kerapkali ditemui di sebuah televisi dan radio. Indikator adalah golongan komponen elektronika pasif  yang kerap disebut coil ini juga bisa digunakan di rangkaian elektronika sederhana dan yang susah.

Prinsip kerja dari indikator ini adalah menimbulkan medan magnet ketika di lewati arus listrik. Dan medan magnet tadi digunakan untuk menyimpan energi dalam waktu yang sengkat. Indikator ini memiliki bentuk dari susunan lilitan kawat yang membentuk kumparan.

Pada kesempatan kali ini ozelektronika akan membagikan informasi mengenai Pengertian Indikator Beserta Fungsinya, langsung saja dibawah ini ulasanya

Pengertian Dari Induktor

Pengertian dari indikator ini seperti yang saya katakan diatas tadi adalah kumparan dari susunan lilitan kabel, dimana ketika arus listrik melewati indikator ini makan indikator akan menghasilkan medan magnet. Komponen ini sering kita jumpai di radio ataupun televisi karena komponen ini berkaitan dengan frekuensi.

Indikator dibedakan dari nilai induksinya yang dapat dilampangkan dengan satuan Henry (H). Dan mempunyai simpol yang dilambangkan dengan huruf L.Anda bisa melihat berbagai macam simbolnya, berikut ini adalah simbol dari komponen induktor.


Perlu anda ketahui juga ada faktor pengaruh besarnya nilai induktasi di sebuah indikator, berikut ini adalah faktor dari besarnya nilai dari induktor yaitu diameter induktor, julah lilitan, panjang induktor dan persebilitas inti. Nilai induktasi akan besar bila faktor faktor tersebut semakin menonjol.

Fungsi dari Indikator

Pada umumnya komponen induktor ini memiliki fungsi ssebagai penyimpan suatu daya dalam sebuah medan magnet. Selaiin itu juga masih ada fungsi lain dari induktor ini yaitu sebagai penyaring frekuensi tertentu, meneruskan arus DC, dan menghambar arus AC dan melipat gandakan tegangan listrik.

Komponen ini biasanya digunakan atau di aplikasikan ke dalam macam macam komponen elektronik, yang juga berbagai rangkaian yang memiliki hubungannya dengan frekwensi seperti radio,televisi, microphone, speaer dan transformator.

Demikian sedikit ulasan yang saya sampaikan mengenai Pengertian Indikator Beserta Fungsinya, semuga informasi yang saya sampaikan ini bermanfaat dan dapat memberikan ilmu. Jangan lupa untuk membagikannya kepada teman teman anda. Dan nantikan informasi terbaru mengenai dunia seputar elektronika dan industri hanya di ozelektronika.blogspot.com.

5 comments