-->
Wednesday, January 30, 2019

Pengertian Dan Cara Kerja Akumulator

Pengertian Dan Cara Kerja Akumulator- Mungkin sebagian dari kalian belum tahu apa itu akumulator? sering kita jumpai bahkan tidak terbayang kita selalu memakai akumulator ketika mengendarai kendaraan bermontor. Yaa akumulator adalah aki atau accu yang sering kita pakai bahkan setiap hari kita pakai. Accu atau akumulator atau aki biar mudah disini kita akan menyebut akumulator saja. Nah ini fungsinya seperti baterai yaitu dapat menyimpan energi.


Oke pada kesempatan kali ini ozelektronika akan membagikan sebuah informasi mengenai pengertian akumulator serta cara kerja akumulator. Sebelum itu kalian juga harus tahu akumulator itu memiliki tiga macam jenis. Mengenai pengelompokan jenis-jenisnya simak dengan baik tiga macam akumulator dibawah ini.

Macam-Macam Akumulator

  1. Akumulator Sekunder (Rechargeable) Seperti namanya akumulator ini dapat di isi ulang. Kalau dimotor kalian atau dibengkel mungkin disebut aki basah, karena ketika habis bisa diisi kembali akinya.
  2. Akumulator Primer (Disposable) kenapa juga disebut akumulator disposble, karena akumulator jenis ini hanya bisa digunakan sekali saja, atau hanya sekali pakai. Karena reaksi kimia yang terdapat diakumulatornya tidak bisa di reversible.
  3. Fuel cells atau sel bahan bakar menggunakan bahan gas dimana membutuhkan gas reaktif contohnya hidrogen untuk membuat reaksi kimia yang bertahan dalam jangka waktu lama.
Sekarang kita bahas mengenai pengertian akumulator secara garis besar. Akumulator(Aki,Accu) adalah sebuah alat yang bisa menyimpan energi yang pada umumnya adalah energi listrik namun dalam bentuk kimia, seperti halnya kapasitor dan juga baterai.

Pada setandar internasional setiap satu sel pada akumulator memiliki tegangan sebesar 2 volt, jadi bila seperti accu motor yang memiliki tegangan sebesar 12 volt berarti akumulator itu memiliki enam buah sel, sama halnya dengan akumulator bertegangan 24 volt berarti dua kali sel dari akumulator yang memiliki tengangan 12 volt.

Cara Kerja Akumulator

Nah sekarang ke pembahasan mengenai cara kerja akumulator atau prinsip kerja dari akumulator. Pada saat akumulator dipergunakan maka akumulator akan mengalami proses yang akan menguras zat yang berada dalam akumulator. Proses itu akan mengakibatkan perubahan energi kimia sehingga energi kimia tersebut berubah menjadi energi listrik. Oleh karena itu jika sudah terlalu lama digunakan akumlator akan mengalami ke kosongan, nah sehingga ketika akumulator jenis ini kosong kalian bisa mengisi ulang akumulator tersebut.

Cara Pengisian Akumulator, proses pengisian akumulator yang sudah habis tegangan atau biasanya disebut (aki tekor) kalian bisa mengisinya dengan cara mengalirkan arus DC ke akumulator dengan catatan tegangan DC pengisi harus lebih besar dari akumulator dan jangan lupa menyambungkan probe positif pengisi ke port positif akumulator hal ini sering disebut (sterek aki). Proses pengisian ini akan mengubah energi listrik yang diisikan tadi menjadi energi kimia.

Demikian dulu informasi yang bisa ozelektronika sampaikan sampai jumpa di ulasan selanjutnya yang pastinya mengenai dunia seputar elektronika dan kelistrikan. Jangan lupa bagikan ilmu yang kalian dapatkan semuga informasi ini bermanfaat bagi sobat Oz dan pengunjung baru yang berkunjung.

1 comments:

pengertiannya sangat mudah dimengerti

Paket internet

Balas