-->

Rangkaian Sederhana Pengusir Serangga Ultrasonik

Rangkaian Sederhana Pengusir Serangga Ultrasonik- Hualoo sobat Ozelektronika kita ketemu lagi dan pada kesempatan kali ini admin akan membagikan informasi mengenai rangkaian pengusir serangga. Oke jarang jarang ada alat yang bisa mengusir serangga, bahkan biasanya teman teman kita saja disuruh mengusir kecoa malah dianya takut sendiri, oleh karana itu admin akan membagikan artikel ini agar memudahkan kalian untuk mengusir serangga tanpa harus menyuruh orang untuk mengusirnya.

Sering kita ketahui pengusir serangga yang mungkin banyak dijual di pasaran adalah raket nyamuk yang harus kita ayunkan ke nyamuknya agar nyamuk tersebut mati, namun kita pasti kita jarang menemukan alat pengusir serangga meskipun sebenarnya alat ini sudah ada dipasaran. oke rangkaian yang admin bagikan ini menggunakan IC NE555 dan beberapa komponen elektronika yang mudah didapatkan.

Untuk bahan-bahannya yang terdapat pada rangkaian ini adalah satu buah Resistor bernilai 1K ohm, Capasitor Non polar 0,01uF, Potensiometer sebesar 10K, Piozo Buzzer, Input 9V dan tentunya komponen utamanya adalah IC NE555 sering juga disebut ic timer. baca juga jenis jenis komponen elektronika.

Rangkaian Sederhana Pengusir Serangga Ultrasonik

https://ozelektronika.blogspot.com/2019/08/rangkaian-sederhana-pengusir-serangga.html
Nah untuk cara membuatnya bila komponen komponen yang sudah anda perlukan sudah siap jangan lupa beri soket untuk tempat IC nya agar memudahkan untuk penyolderan setelah itu anda tinggal merangkainya seperti skema rangkaian diatas tersebut, bila ingin menambahkan saklar anda bisa tambahkan di bagian atas atau bawah baterai, namun pada rangkaian ini admin tidak menambahkan saklar karena disini menggunakan soket baterai jadi ketika baterai dilepas maka keadaan off ketika baterai di pasang maka akan nyala atau on.

Oyi diatas tersebut adalah cara merangkai rangkainanya sekarang saya akan jealskan prinsip kerja dari Rangkaian Sederhana Pengusir Serangga Ultrasonik. Cara kerjanya yaitu ketika rangkaina ini on maka buzzer akan mengeluarkan suara sebesar 40 kHz namun jika kita yang mendengarkannya kita tidak akan mendengar suara tersebut karena pada umumnya telinga manusia hanya bisa mendengarkan suara sebesar 20Hz-20kHz namun pada serangga atau hewan tertentu bisa mendengarkan suara diatas 20 kHz.

Oke jadi cukup sekian ulasan yang bisa admin bagikan kali ini mengenai Rangkaian Sederhana Pengusir Serangga Ultrasonik jangan lupa bagikan informasi ini bila informasi ini bermanfaat bagi sobat Ozelektronika, jangan lupa nantikan ulasan baru mengenai dunia seputar elektronika hanya disini di ozelektronika.blogspot.com
Facebook CommentsShowHide

0 comments