-->

Cara Mudah Mengetahui Dan Membaca Nilai Resistor



Cara Mudah  Mengetahui Dan Membaca Nilai Resistor – Resistor adalah salah satu dari beberapa komponen- komponen elektronika. Resistor yang sering kita jumpai pada suatu  rangkaian elektronika. Komponen ini termasuk komponen yang harus ada dalam sebuah rangkaian. Resisitor ini berfungsi sebagai hambatan yang menghambat tegangan listrik yang mengalir.

Banyak diatara kita yang sudah tahu apa itu resistor dan bentuknya, tapi kita masih bingung bagai mana cara mengukur resistor dengan mudah. Cara mengukur resistor selain mengunakan AVOmeter/ multimeter ada cara mudah mengukur resistor yaitu dengan cara kita lihat warna gelang pada resistor. Dan kali ini saya akan membagikan ulasan mengenai Cara Mudah  Mengetahui Dan Membaca Nilai Resistor, berikut adalah cara- caranya.

Cara Membaca Nilai Resistor Dengan warnanya Warna

Seperti yang kita ketahui resistor biasanya memiliki 4 gelang dan 5 gelang warna. Bila anda ingin tahu cara mengukur resistor dengan benar seimak baik- baik bagai mana cara mengukurnya, dibawah ini.

Cara Membaca Nilai Resistor Dengan warnanya Warna

Dibawah ini adalah warna warna yang terdapat pada resistor:
Untuk menghafal warna nya yaitu:
HI CO ME JI KU HI BI U A P
(HItam, COklat, MErah, Jingga/orange, KUning. HIjau, BIru, Ungu, Abu, Putih)


Cara Menghitung Resistor Yang Mempunyai 4 Gelang.

Cara Menghitung Resistor Yang Mempunyai 4 Gelang.
Pengertian dari tabel diatas adalah Bila ada 4 gelang warna, maka anda harus mencari nilai dari 2 gelang pertama seperti Coklat dan Hitam – pada 2 gelang pertama harus ditulis angka nyata seperti Coklat angkanya 1 dan, Hitam angkanya 0. Dan angka yang ke3 seperti yang ditabel hijau, angka yang ke3 ini harus ditulis menjadi jumlah 0, bila angka hijau nilainya lima, maka anda harus menulis 0 sebanyak 5 = 00000. Yang terakhir yaitu nilai Toleransi yangharus anda tulis dengan %.

Cara Menghitung Resistor Yang Mempunyai 5 Gelang.
Cara Menghitung Resistor Yang Mempunyai 5 Gelang.

 Pengertian dari tabel diatas adalah Seperti yang pertama tapi Sedikit beda. Bila ada 5 gelang warna, maka anda harus mencari nilai dari 3 gelang pertama seperti Coklat, Hitam dan Hijau– pada 3 gelang pertama harus ditulis angka nyata seperti Coklat angkanya 1, Hitam angkanya 0, dan Hijau angkanya 5. Dan angka yang ke 4 seperti yang ditabel hijau, angka yang ke 4 ini harus ditulis menjadi jumlah 0, bila angka hijau nilainya lima, maka anda harus menulis 0 sebanyak 5 = 00000. Yang terakhir yaitu nilai Toleransi yangharus anda tulis dengan %. 

Nah itu tadi cara menghitungnya mudah bukan dan ada yang perlu anda ketahui lagi yaitu:
Kilo Ohm = KΩ . Bila angka yang dihasilkan 1000 Ω  maka anda harus menulisnya menjadi 1K Ω. Atau 1300 Ω = 1,3K Ω
Mega Ohm = MΩ . Bila angka yang dihasilkan 1.000.000 Ω  maka anda harus menulisnya menjadi 1 M Ω. Atau 2.100.000 Ω = 2,1 M Ω.

Cara Membaca Nilai Resistor Dengan Kode Angka:
Cara Membaca Nilai Resistor Dengan Kode Angka:

Membaca nilai Resistor yang satu ini memang mudah sekali karena tidak mengunakan kode warna. Medah sekali karena resistor ini langsung ada angkanya yang menempel pada komponen yang disebut Body Code Resistor (Kode Tubuh Resistor) Dibawah ini cara menghitungnya. 

Contoh :
Kode angka pada Resistor adalah 4 7 dan 3.
Cara pembacaannya adalah :
Masukkan angka ke-1 langsung = 4
Masukkan angka ke-2 langsung = 7
Masukkan angka ke-3 yaitu 3 ditulis Jumlah nol = 000 (3 nol)
Maka nilainya adalah 47.000 Ohm.
Dan ada juga yang memakai kode angka seperti dibawah ini:
(Huruf  R menandakan letak koma decimal)
4R7 = 4,7 Ohm
0R22 = 0,22 Ohm

Demikian ulasaan mengenai Cara Mudah  Mengetahui Dan Membaca Nilai Resistor, semuga informasi yang saya bagikan bermanfaat bagi anda. Jangan lupa bagikan ulasan ini ke teman- teman anda bila informasi ini bermanfaat. Sampai jumpa di ulasan selanjutnya.
Facebook CommentsShowHide

0 comments