-->

Macam Macam Motor Listrik Lengkap Beserta Fungsinya



Macam Macam Jenis Motor Listrik DanPengertiannya – Motor listrik tidak asing dikalangan teknik elektro ataupun otomasi industri, karena salah satu pelajarannya pasti membahas tentang motor listrik. Motor listrik ada 2 jenis yaitu jenis AC dan DC. Dan masing masing masih memiliki macam macam jenisnya lagi.

Pada kesempatan kali ini ozelektronika akan membagikan sedikit informasi tenang macam macam jenis motor listrik. Ok, pada motorlistrik diklasifikasikan menurut arusnya, prinsip kerja, tegangan dan kontruksi. Mengenai macam macam jenis motor listrik saya akan jelaskan di bawah ini.

Macam Macam Motor Listrik Dan Pengertiannya

Macam macam jenis motor listrik ada dua yaitu AC dan DC yang masing masing mempunyai jenis jenisnya. Pengertian motor AC yaitu motor listrik yang mempiunyai arus listrik bolak-balik, sedangkan DC yaitu kebalikannya AC yaitu mempunyai arus searah. Dibawah ini tabel jenis jenis motor listriknya berdasarkan AC dan DC. 
 
Nah dari tabel di atas itu sekarang saya akan jelaskan masing masing pegertiannya. Dibawah ini penjelasannya.

Motor Listrik AC

Motor listrik AC, sudah saya jelaskan tadi bahwa motor ini memiliki tegangan atau arus bolak balik. Motor AC ini memiliki dua jenis motor yaitu induksi dan sinkron. Dibawah ini penjelasannya.

Motor Sinkron


Motor AC jenis sinkron adalah motor yang bekerja pada kecepatan tetap dengan sistem frekuensi tertentu. Namun anda harus ketahui motor ini juga memerlukan arus DC untuk mengaktifkannya.motor ini sangat cocok digunakan untuk beban beban yang rendah karena torque awalnya rendah.

Motor Induksi


Motor AC yang terakhir yaitu jenis induksi motor ini akan bekerja menurut medan magnet yang berada pada rotor dan stator. Motor induksi ini masih dibagi lagi menjadi dua macam yaitu motor induksi satu fase dan tiga fase.

  1. Motor induksi satu fase hanya memiliki satu gulungan stator dan dapat berjalan dengan pasokan daya satu fase.
  2. Sedangkan motor induksi tiga fase yaitu motor yang bekerja memerlukan pasokan daya listrik tiga fase dan motor ini jega memiliki kemampuan yang lebih tinggi dibanding motor induksi satu fase.

Motor Listrik DC

Motor listrik DC yaitu kebalikan dari motor jenis AC, arus yang dikeluarkan oleh motor ini searah. Selain itu motor ini juga memiliki dua macam motor listrik yaitu Motor Separately Excited dan Self Excited. Dibawah ini penjelasannya.

Motor Separately Excited


Motor Separately Excited adalah motor DC yang memiliki sumber daya terpisah yang disuplai dari medannya. Karena itu motor ini disebut Separately Excited  atau Sumber Daya Terpisah.

Motor Self Excited


Motor Self Excited, motor DC ini adalah motor yang memperoleh sumbernya dari medanya yang di suplai dari sumbernya sendiri. Karena itu dinamakan self excited atau sumber daya sendiri. Motor jenis ini diklasifikasikan menjadi tiga yakni motor DC shunt, seri, dan campuran.
  1. Motor DC Shunt adalah motor listrik DC yang medan gulungannya disambung dengan gulungan motor listrik secara paralel, sehingga arus total dalam jalur merupakan penjumlahan antara arus medan dengan arus dinamo.
  2. Motor DC Seri adalah motor listrik DC yang medan gulungannya disambung dengan gulungan motor listrik secara seri, sehingga arus medan listrik sama dengan arus dinamo.
  3. Motor DC Campuran adalah motor listrik DC yang medan gulungannya disambung dengan gulungan motor listrik secara seri dan paralel, sehingga memiliki torque penyalaan awal yang bagus dengan kecepatan yang stabil.


Demikian informasi yang saya sampaikan mengenai Macam Macam Jenis Motor Listrik DanPengertiannya, semuga infor masi yang sanya sampaikan ini bermanfaat bagi anda. Jangan lupa bagikan informasi ini ke teman anda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya tetap di ozelektronika.blogspot.com . seputar dunia elektronika dan industri.
Facebook CommentsShowHide

2 comments

Artikel yang bermanfaat dan menambah pengetahuan, semoga sukses selalu. Pengetahuan dan Tips kelistrikan lainnya kunjungi Voltechno.net
Thanks

Balas