-->

Gerbang Logika Dan Tabel Kebenaran



Gerbang  Logika Dan Tabel Kebenaran
Gerbang  LogikaDan Tabel Kebenaran – Bagi kalian yang memperdalami ilmu elektronika pasti akan menemukan pelajaran yang membahas tentang angka digital yaitu 0 dan 1 atau sering disebut bilangan biner. Dan pada kesempatan kali ini ozelektronika akan membagikan informasi mengenai mempelajari dan memahami Gerbang  Logika Dan Tabel Kebenaran.

Gerbang logika adalah sistem dasar pembentuk digital. Yang memiliki fungsi sebagai pengubah input menjadi sinyal output. Contoh komponen yang didalamnya terdapat sistem ini yaitu IC(Intergated Circuit. Dibawah ini Gerbang  Logika Dan Tabel Kebenarannya.

Gerbang  Logika Dan Tabel Kebenaran

Gerbang logika dan tabel kebenaran, gerbang logika disini ada tujuh jenis AND, OR, NOT, NAND, NOR, X-OR, dan XNOR. Dibawah ini penjelasan mengenai gerbang logika dan tabel kebenarannya.

1. Gerbang AND
1. Gerbang AND

Gerbang logika logika ini memiliki dua  input(masukan) atau lebih, dan menghasilkan satu output(keluaran). Tabel kebenarannya bila input ada 0 nya maka outputnya pasti 0. Dan bila semua input berangka 1 maka outpunya 1. Seperti yang diatas.

2. Gerbang OR
2. Gerbang OR

Gerbang OR adalah gerbang logika yang memiliki dua atau lebih input, dan menghasilkan satu output. Tabel kebenaran dari OR ini kebalikan dari AND yaitu bila input ada 1 nya maka outputnya pasti 1. Dan bila semua input berangka 0 maka outpunya 0. Seperti yang diatas.

3. Gerbang NOT
3. Gerbang NOT

Gerbang NOT adalahgerbanglogika yang membalikkan nilai atau bisa disebut gerbang pembalik, gerbang ini memiliki satu input dan satu output. Yang disimbolkan seperti pada gambar nilai output atau z = nilai input x yang diatasnya minus. Tabel kebenaranya bila input 1 output 0 dan bila input 0 maka output 1.

4. Gerbang NAND
4. Gerbang NAND

Dan yang ini adalah gabungan gerbang AND dengan NOT yang bergabung menjadi gerbang NAND. Sebenarnya tabel kebenaran dari gerbang ini mudah, saya ambil dari kesimpulan saja NAND ini outputnya(keluaran) seperti AND lalu di NOT contoh bila output(keluaran) AND 0 0 0 1 maka NOR nya adalah 1 1 1 0.

5. Gerbang NOR
5. Gerbang NOR

Dan yang ini adalah gabungan gerbang OR dengan NOT yang bergabung menjadi gerbang NOR. Sebenarnya tabel kebenaran dari gerbang ini mudah, saya ambil dari kesimpulan saja    NOR ini outputnya(keluaran) seperti OR lalu di NOT contoh bila output(keluaran) OR           0 1 1 1  maka NAND nya adalah 1 0 0 0.

6. Gerbang XOR
6. Gerbang XOR

Gerbang XOR merupakan singkatan dari eksklusif OR. Gerbang logika ini memiliki dua input dan satu output. Tabel kebenaranya sangatlah muda bila input memiliki angka sama maka outputnya 0. Dan bila angka tidak sama maka outpunya 1

7. Gerbang XNOR
7. Gerbang XNOR

Gerbang XNOR ini merupakan singkatan dari eksklusif NOT dan OR. Gerbang ini merupakan kebalikan dari gerbang XOR.Tabel kebenaranya saya simpulkan saja seperti anda hitung inputnya ke XOR contoh 0110 bila dirubah di XNOR maka akan menjadi 1001.

Itu tadi sedikit informasi mengenai Gerbang  LogikaDan Tabel Kebenaran semuga informasi yang ozelektronika sampaikan bermanfaat. Dan jangan lupa SHARE keteman anda sampaijumpa pada ulasan informasi selanjutnya mengenai dunia seputar elektronika dan industri, tetap disini di ozelektronika.blogspot.com
Facebook CommentsShowHide

0 comments