-->

Rangkaian Lampu LED 12 Volt Sederhana


Rangkaian Lampu LED 12 Volt Sederhana

Rangkaian Lampu LED 12 Volt Sederhana - LED adalah sejenis dioda yang bisa mengeluarkan cahaya, karena terbuat dari gabungan antara peranti elektronika dan optik sehingga dioda ini bisa menyala. Ya seperti yang sudah ozelekronika sampaikan sebelumnya di artikel Macam Macam Dioda Lengkap Beserta Fungsinya dan yang pastinya saya kali ini bukan membahas itu lagi melainkan akan membahas mengenai Cara Membuat Rangkaian Lampu LED 12 Volt Sederhana.

Pastinya sudah tau bagaimana bentuk lampu LED yang kecil namun mempunyai kelebihan pada penghematan daya. LED ini selain bisa menghemat daya juga mudah di letakkan di mana saja terserah pada keinginan anda. karena memiliki bentuk yang kecil. Lampuini juga memiliki kelebihan pada keterangan cahayanya dan juga tidak kalah dengan lampu konvensional ataupun lampu pijar.

Pada zaman ini sekarang sudah banyak orang - orang yang dulunya mengunakan lampu konvensional dan lampu TL sekarang beralih mengunakan lampu LED, karena selain hemat daya juga hemat biaya. Karena alasan itulah mengapa banyak orang - orang sekarang memilih lampu LED. Tidak ada salahnya anda yang menyukai bidang elektronika membuat sendiri lampu LED 12 Volt.

Pada kesempatan kali ini ozelektronika akan membagikan sedikit ulasan mengenai Cara Membuat Rangkaian Lampu LED 12 Volt Sederhana, mari simak bagai manakah proses proses perangkaian rangkaian lampu LED 12 Volt ini. Di bawah ini mengenai bahan bahan dan cara merakitnya.

Bahan - Bahan Untuk Merangkai Lampu LED 12 Volt

  1. Yang pasti adalah lampu LED seperlunya.
  2. Papan PCB ataupun bahan isolator untuk tempat rangkaian tersebut.
  3. Kabel secukupnya.
  4. Solder serta timahnya bila diperlukan.
  5. Resistor 40 ohm secukupnya.

Skema Rangkaian Dan Cara Merangkainya

         1.Rangkaian Lampu LED 12 Volt Paralel
Rangkaian Lampu LED 12 Volt Sederhana
         2.Rangkaian Lampu LED 12 Volt Seri
Rangkaian Lampu LED 12 Volt Sederhana

Rangkailah lampu LED anda sesuai gambar tersebut dan sesuai keinginan anda anda mau rangkaian serinya ataupun paralelnya, setelah itu bila sudah, jangan solder terlebih dahulu lakukan pengujian terlebih dahulu, pengujian menyalakan lampunya bila sudah silahkan solder menggunakan timah kaki - kaki LED tersebut.

Anda juga bisa menambah jumah LED nya namun anda harus menyuplai keperluan tegangannya, jadi kesimpulannya bila anda menambah LED anda juga harus menambah konsumsi tegangan agar nyala lampu lebih terang.

Nah, bagaimana cukup sederhana bukan, Cara Merangkai Lampu LED 12 Volt itu. Sekian dulu mengenai ulasan kali ini mengenai Rangkaian Lampu LED 12 Volt Sederhana jangan lupa BAGIKAN ulasan tersebut bila ulasan tersebut bermanfaat, nantikan ulasan terbaru hanya disini sini di ozelektronika.blogspot.com .
Facebook CommentsShowHide

2 comments

Terima kasih kak artikelnya sangat bermanfaat dan membantu
Jangan lupa mampir di kampusku ya walisongo.ac.id

Balas