-->

Cara Mudah Meperbaiki Power Supply Komputer Yang Rusak

Cara Mudah Meperbaiki Power Supply Komputer Yang Rusak - Power Supply adalah barang elektronik yang sering kita jumpai di Komputer ataupun di perangkat lainnya. Power Supply ini fungsinya adalah untuk memberikan daya atau menyuplai suatu komponen elektronika. misalnya pada komputer digunakan untuk menurunkan tegangan AC menjadi DC atau untuk menyetabilkan tegangan.

Bila kalian yang sering menghabiskan waktu di depan komputer, untuk ngegame atau mengerjakan tugas-tugas, pastinya bingung apabila komputer tidak bekerja dikarenakan power supply rusak atau mati. Kebanyakan memanglebih mudah beli lagi, tapi tidak ada salahnya jika anda minat belajar elektronik anda bisa mencoba untuk memperbaikinya.

Oke pada kesempatan kali ini ozelektronika akan membagikan ulasan mengenai Cara Mudah Meperbaiki Power Supply Komputer Yang Rusak, simak baik-baik mengenai kerusakan power supply yang bisa di perbaiki sendiri pastikan power supply anda memenuhi syarat tersebut dan apabila tidak jalan satu satunya anda harus membeli baru tapi tidak ada salahnya untuk mencoba.Dibawah ini ulasan mengenai Cara Memperbaiki Power Supply Yang Rusak.

Cara Mudah Meperbaiki Power Supply Komputer Yang Rusak

Cara Memastikan Power Supply Yang Masih Bisa Di Perbaiki

  1. Komputer sering restart sendiri
  2. Bila tombol CPU ditekan komputer tidak nyala 

Cara Memperbaiki Power Supply

  1. Pertama anda harus membongkar powerr supply
  2. Setelah itu anda harus memeriksa kabel- kabel di dalam power supply apakah ada yang lepas (putus)
  3. Coba periksa sekringnya
  4. Yang paling Penting, periksa kabel masukan dari sumber listrik AC 220V (kabel yang biasanya dicolokkan di stop kontak). Lepaskan kabel tersebut dari terminal atau soket power supply, setelah itu cek menggunakan AVOmeter pada terminal atau soketnya tadi, Bila AVOmeter menunjukkan ke angka 0 maka soket atau terminal itu masih dalam keadaan baik bila sebaliknya AVOmeter menunjukkan angka yang besar maka terminal atau soket tadi harus diganti baru.
  5. Bila cara 4 sudah namu tudak ada perubahan langsung saja anda periksa dua buah Transistor power switching yang terletak pada PCB yang berfungsi sebagai pegendali catu daya. dan lepaskan kedua komponen tersebut lalu cek mengunakan AVO meter bila sudah rusak anda harus menggantinya, tipe transistor power switching tersebut adalah 2SC3039.
  6. Cek 4 buah Dioda Brigde sama seperti proses diatas tadi, biasanya hal ini yang paling fatal karena bila dioda ini mengalami kebocoran maka arus AC akan langsung masuk ke rangkaian lain tanpa berubah menjadi DC dan mengakibatkan keseluruhan transistor akan ikutrusak bahkan bisa terbakar.
  7. Bila cara  dan 6 sudah namu tidak ada perubahan periksa komponen - komponen keseluruhan seperti Transistor, Resistor dan Kapasitor yang terdapat di power supply mengunkan AVO meter. Komponen - komponen dasar elektronika.
  8. Bila anda akan memasang komponen komponennya anda harus menyoldernya dengan berhati hati dan harus benar. Bila sudah benar anda nyalakan tapi dengan memasang beban harddisknya saja terlebih dahulu bila sudah bisa dan normal maka pasang semua kabel ke power supply dan coba nyalakan. 
Bagaiman?, mudah bukan. Sekian ulasan kali ini mengenai Cara Mudah Meperbaiki Power Supply Komputer Yang Rusak semuga ulasan yang ozelektronika berikan ini bermanfaat bagi pembaca dan jangan lupa untuk membagikan ulasan ini bila ulasan ini sangat membantu. tetap disini dan nantikan ulasan ulasan terbaru hanya di ozelektronika.blogspot.com.
Facebook CommentsShowHide

0 comments