-->

Macam Macam Dioda Lengkap Beserta Fungsinya

Macam Macam Dioda Lengkap Beserta Fungsinya
Macam Macam Dioda Lengkap Beserta Fungsinya- Dioda komponen dasar dari elektronika yang memiliki fungsi yang bermacam macam. Pengertian dioda dioda adalah suatu komponen aktif dua kutup yang bersifat semikonduktor, yang memiliki prinsip kerja memperbolehkan aliran listrik mengalir ke suatu arah dan menghambat aliran listrik dari arah sebaliknya.

Nah, diatas tadi adalah pengertian singkat menegenai dioda dan prinsip kerjanya. Oke pada kesempatan kali ini ozelektronika akan membagikan sebuah ulasan mengenai Macam Macam Dioda Lengkap Beserta Fungsinya, karena dioda memiliki banyak macam jenisnya.

Macam macam  dioda dibuat dengan fungsi, spesifikasi, dan kegunaan yang berbeda beda tiap Jenis Jenis Dioda tersebut. Dan dibawah ini ulasan mengenai Macam Macam Dioda Lengkap Beserta Fungsinya.


1. Dioda Penyearah

Pertama yang sering sekali dijumpai di komponen komponen elektronika dasar yaitu Dioda Penyearah atau sering disebut juga seb
agai Rectifier. Fungi dioda ini adalah penyearah Arus AC (arus bolak-balik) / Tegangan menjadi Arus DC (arus searah). Jadi bisa disimpulkan fungsi dioda ini penyearah arus AC menjadi arus DC. Di bawah ini adalah gambar dan simbol dioda penyearah.
1. Dioda Penyearah

lihat juga Skema Rangkaian Dioda Penyearah

2. Dioda Zener

Kedua adalah Dioda Zener atau dikenal juga sebagai voltage regulation dioda yang bekerja pada reverse tertentu yaitu pada Kuadran III, dioda juga dibuat dari bahan yang sama seperti dioda penyearah yang terbuat dari silikon.
Fungsi dari Dioda Zener ini adalah Bila tegangan sebesar 5,6V maka dioda akan breakdown dan mengalirkan tegangan tersebut melewati dioda dan dialirkan ke rangkaian lainnya, sebaliknya jika tegangan tidak mencapai 5,6V maka dioda tidak akan menerima tegangan tersebut dan langsung mengalir ke rangkaian lainnya tanpa melewati dioda. Di bawah ini adalah gambar dan simbol dioda zener.
2. Dioda Zener

3. Dioda SCR

Ketiga Dioda SCR, SCR sendiri adalah singkatan dari Silicon Control Rectifier atau Dioda SHOTTKY. Dioda SCR ini juga sering disebut sebagai Therystor, karakteristik dioda ini masih sama dengan tabung thiratron. Fungsi dari dioda SCR ini adalah sebagai pengendali pada dioda ini sebagai pengendalinya adalah gate(G) atau gerbangnya. Di bawah ini gambar Dioda SCR.
3. Dioda SCR

4. Dioda Varactor

Keempat adalah Dioda Varactor, dioda ini memiliki daerah kerja sema seperti dioda zener. Dioda ini juga sering disebut sebagai dioda variable/varicap karena bila dilewati tegangan, dioda ini kapasitasnya akan berubah- ubah. dioda ini banyak difungsikan di komponen komponen elektronika di bagian Audio. Gambar dioda varactor.

4. Dioda Varactor

5. Photodioda

Kelima ini namanya agak berbedakan, tenang photodioda juga masih temasuk dalam keluarga dioda. Pengertian dari Photodioda ini adalah resistansinya akan berubah-ubah kalau ada cahaya yang jatuh pada dioda tersebut, pada keadaan gelap dioda ini tahanannya sangat besar sehingga tidak ada arus yang mengalir tapi sebaliknya jika semakin terang cahayanya maka tahanannya akan semakin kecil sehingga arus listrik bisa mengalir. Fungsi dioda ini sering digunakan untuk lampu jalan karena bisa digunakan bila gelap terang cahaya yang ditangkap oleh dioda bisa mempengaruhi hambatan arus listrik. Dibawah ini gambar mengenai photodioda.

5. Photodioda

6. Light Emitting Dioda (LED)

Dan ini adalah LED ternyata LED adalah Dioda yang merupakan peranti gabungan antara elektronik dengan optik sehingga bisa menghasilkan cahaya. Ada tiga fungsi LED berdasarkan kegunaan pada umumnya yaitu

  • sebagai pasangan rangkaian elektronika yang terisolir
  • untuk transmisi suatu cahaya yang di atur dalam jarak tertentu
  • dantentunya sebagai lampu indikator
Gambar dari LED
6. Light Emitting Dioda (LED)


Nah itu tadi beberapa Macam Macam Dioda Lengkap Beserta Fungsinya yang sudah saya sampaikan diatas tadi semuga informasi ini bermanfaat bagi pembaca dan jangan lupa untuk SHEAR ulasan inibila ulasan ini bermanfaat, dan bila ada yang di tanyakan comment saja dibawah bila saya bisa akan saya jawab. tetap disini dan nantikan ulasan ulasan terbaru mengenai elekrtonika di ozelektronika.blogspot.com.
Facebook CommentsShowHide

0 comments