-->

Cara Kerja Solar Cell PLTS


Cara Kerja Solar Cell PLTS
Cara Kerja Solar Cell PLTS - Solar Cell atau panel surya yang kerap digunakan untuk pembangkit listrik yang bertenaga surya, panel ini besa menghasilkan listrik dari daya metahari yang mengenai panel surya ini. kita kerap menemukannya di perusahaan perusaaan atau pabrik pabrik besar, tak jarang kita temukan di rumah rumah.


Pada kesempatan kali ini ozelektronika akan berbagi sedikit informasi mengenai Cara Kerja Solar Cell PLTS yang pasti masih bayak orang yang masih belum mengenal apaitu panel surya dan bagaimana cara kerjanya. Bibawah ini penjelasannya.

Solar Cell Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Selain solar cell hanya memerlukan energi dari matahari, anda juga bisa sedikit menghemat listrik dari PLN. ozelektronika kali ini akan memberi informasi Cara Kerja Solar Cell PLTS, agar bila anda ingin memasangnya anda bisa memasangnya sendiri dan juga memahami prinsip kerjanya.

Solar cell ini terbuat dari bahan semikonduktor. Di sebuah solar cell terdapat dua lapisan semikonduktor yang pastinya semikonduktor positif dan negatif. cara kerja solar cell ini yaitu menangkap sinar matahari yang berupa energi foton.

Energi foton yang diserap oleh lapisan semikonduktor bermuatan negatif, yang akan menjadi elektron yang akan dibebaskan  dari lapisan negatif menuju lapisan semikonduktor bermuatan positif. proses kerja tersebut mengakibatkan beda potensial yang menyebabkan timbulnya energi listrik yang nantinya dapat disimpan disebuah batrai seperti gambar dibawah ini.
Energi foton



Anda juga harus tahu bahwa bagian surya cell terdiri dari 30 -36 sel surya yang dirangkai secara seri. Semakin banyak sel surya maka semakin besar juga energi istrik yang dihasilkan. gambar dibawah ini merupakan matrial matrial semikonduktor dari solar cell. Surya cell ini terdiri dari 5 matrial seperti Substart, contact grid, kontak metal, enkapsulasi dan cover glass.
 Surya cell ini terdiri dari 5 matrial seperti Substart, contact grid, kontak metal, enkapsulasi dan cover glass.

Demikian sedikit informasi yang ozelektronika sampaikan mengenai Cara Kerja Solar Cell PLTS semiga bermanfaat bagi pengunjung yang mengunjungi ozelektronika, sampai jumpa pada ulasan terbaru selanjunya dan jangan lupa SHARE keteman anda informasi ini. jangan kemana mana tetap di ozelektronika.blogspot.com .








Facebook CommentsShowHide

0 comments