-->

Pengertian Cara Kerja PLC Dan Fungsinya



Pengertian Cara Kerja PLC Dan Fungsinya
Pengertian Cara Kerja PLC DanFungsinya – PLC yaitu singkatan dari Programmeble logic Contrloller, yang memiliki banyak jenis PLC. Selain itu brand brand memproduksi banyak jenis PLC yang salah satunya seperti merk terkenal yaitu  mulai dari samsung, siemens sampai omron.

Dan kali ini ozelektronika akan membagikan sedikit informasi tentang Pengertian Cara Kerja PLC Dan Fungsinya. Ok dibawah ini pengertian dan fungsinya yang terdapat di dalam dunia otomasi industri simak baik baik pengertiannya. Perlu anda ketahui PLC juga banyak digunakan di berbagai sektor lain seperti pengaturan nyalanya lampu dan matinya lampu lalu lintas.

Pengertian PLC

Pengertian PLC adalah suatu alat yang digunakan untuk mengantikan rangkaian relay yang ada pada sistem kontrol konvensional. Dalm dunia perindustrian PLC bisa disebut juga  sebagai relay berbentuk contact

Cara Kerja PLC

Cara kerja PLC adalah mengamati masukan dengan mengunakan sensor yang ada, kemudian mengelola sesuai kebutuhan yang ingin digunakan. Dibawah ini prinsip kerja dari PLC dalam kehidupan sehari hari.
  • Merakit barang secara otomatisPerakitan
  • Kontrol kualitas benda berdasarkan besar kecilnya
  • Pengatur nyala lampu lalu lintas
  • Alat bantu pengepakan di pabrik
  • Dll.

Fungsi PLC

Fungsi PLC ada 2 yaitu Fungsi secara umum dan Fungsi Khususnya, Dibawah ini pengertian mengenai ke dua fungsi PLC secara lengkap.

1. Fungsi Umum

Secara umum, PLC memiliki fungsi monitoring plant dan sekuensial.Fungsi kontrol sekuensial dapat diartikan sebagai penjagaan agar semua step atau langkah dalam proses sekuensial berlangsung dalam urutan yang benar dan tepat.

Sedangkan fungsi monitoring plant dapat diartikan sebagai proses memantau sebuah sistem, lalu mengambil tindakan yang dibutuhkan sehubungan dengan proses yang telah dikontrol tadi, misalnya nilai sudah melebihi batas, atau menampilkan pesan tersebut ke operator agar mendapatkan tindak lanjut yang tepat.

2. Fungsi Khusus

Fungsi khusus PLC, yakni memberikan masukan atau input ke Computerized Numerical Control (CCN) untuk kepentingan pemrosesan lebih lanjut yang memiliki ketelitian yang lebih tinggi dibandingkan dengan PLC. CNC biasanya digunakan untuk proses finishing, membentuk benda kerja, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Demikian informasi yang saya jelaskan mengenai informasi Pengertian Cara Kerja PLC Dan Fungsinya, semuga informasi yang saya bagikan ini bermanfaat bagi anda semua dan jangan lupa bagikan informasi ini ke teman teman anda. Dan nantikan ulasan terbaru hanya di ozelektronika.blogspot.com.

Facebook CommentsShowHide

1 comments: