-->

Macam Macam Sensor Elektroika dan Kegunaan

Macam Macam Sensor Elektroika dan Kegunaan- Sensor adalah komponen yang digunakan untuk mendeteksi suatu perubahan baik itu berupa fisik maupun berupa kimia. Dalam dunia elektronika industri Sensor sangat berguna sekali. membahas mengenai sensor meliliki variabel keluaran yang diubah menjadi besaran listrik. Besaran listrik yang dihasilkan ini disebut Transduser.

Jika anda pernah belajar dan mempelajari dunia robotik pastinya sudah tidak asing lagi dengan namanya sensor entah itu LDR atau yang lainnya. Sekarang sudah banyak sekali macam macam sensor dengan fungsi atau cara kerja yang berbeda beda.


Dan kali ini pada kesempatan ini ozelektronika akan membagikan sebuah ulasan mengenai Macam Macam Sensor Elektroika dan Kegunaan. Bayak sekali macam macam jenis sensor yang bisa kita ketahui seperti sensor cahaya, bunyi, gerak dan masih banyak lagi. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih spesifik dibawah ini ulasannya.

Macam Macam Sensor dan Kegunaan

1. Sensor Cahaya

Yang pertama adalah Sensor Cahaya. Pengertian sensor cahaya adalah sensor yang outputnya di pengaruhi oleh intensitas cahaya. Sensor Cahaya juga masih dibagi menjadi tiga jenis yaitu LDR yang berfungsi jika terkena cahaya maka mengalami perubahan hambatan. Photodiode yang berfungsi penyearah arus listrik ketika photodiode terkena cahaya. Dan satu lagi Photo Voltaic yang memiliki fungsi mengubah cahaya menjadi energi listrik.

2. Sensor Suhu

Sensor Suhu ialah sensor yang mengupah energi panas menjadi besaran listrik. Sensor ini sering digunakan di barang elektronika seperti dispenser dan rice cooker. Dan banyak juga komponen elektronik yang bisa berfungsi sebagai sensor suhu, contohnya seperti thermistor dan thermocouple.

3. Sensor Suara

Sensor Suara sensor yang memiliki fungsi menghasilkan gelombang suara dan akan menangkapnya kembali dengan perbedaan waktu tangkap. Sensor ini adalah sensor yang bekerja berdasarkan gelombang pantul suara. Objek pantul dari Sensor Suara ini bisa berupa objek padat, cair, tekstil dan bahkan objek butiran.

4. Sensor Proximity

Sensor Proximity adalah jenis sensor yang digunakan untuk mendeteksi ada atau tidak ada objek berupa logam tanpa harus menyentunya.  Cara kerja sensor ini dengan memancarkan medan Elektromagnetik sampai saat benda terdeteksi. Sensor yang satu ini kerapsekali digunakan di pabrik pabrik besar atau bandara dan hotel untuk mendeteksi adanya logam yang tidak diinginkan.

5. Sensor Tekanan

Sensor tekanan adalah jenis sensor yang memiliki fungsi mengubah tekanan menjadi induktansi. Prinsip kerja sensor tekanan adalah mengubah tegangan mekanis menjadi sinyal listrik.

6. Sensor Kecepatan

Dan yang terakhir yaitu Sensor Kecepatan adalah jenis sensor yang digunakan untuk mendeteksi kecepatan gerak, yang kemudian diubah menjadi sinyal listrik. Sensor ini sering digunakan di sepeda montor atu mobil karena untuk mengukur kecepatan laju sebuah motor dan mobil tersebut.

Demikian ulasan informasi yang ozelektronika bagikan mengenai Macam Macam Sensor Elektroika dan Kegunaan semuga apa yang Ozelektronika bagikan ini bermanfaat dan berguna bagi anda yang membacanya dan sampai jumpa di ulasan selanjutnya yang pastinya mengulas mengenai dunia seputar elektronika hanya di sini di ozelektronika.blogspot.com.
Facebook CommentsShowHide

0 comments