-->

Pengertian dan Fungsi Power Supply

Pengertian dan Fungsi Power Supply- Hampir semua perangkat elektronik mengunakan alat ini seperti komputer. Banyak juga orang memanggil alat ini dengan sebutan catu daya. Cara Kerja Power Supply ini sebenarnya adalah untuk membagikan tegangan keberbagai komponen koponen yang membutuhkan tegangan dengan jumlah tertentu. Jadi Power Supply juga bisa disebut sebagai elektrik power converter.

Nah oke kali ini ozelektronika akan membahan libih detail megenai Pengertian dan Fungsi Power Supply. ozelektronika akan mengulas apa pengertian power supply dan juga untuk apakah fungsi power supply ini. Bagi anda yang penasaran simak baik baik ulasan yang ozelektronika bagikan dibawah.
Pengertian dan Fungsi Power Supply

Pengertian Power Supply

Sekarang kita membahas apa pengertian tenteng power supply. Power Supply adalah alat elektronika yang digunakan untuk memasok pasokkan listrik kepada komponen komponen elektronika yang membutuhkan. Power Supply juga bisa di klasifikasikan menjadi tiga kategori yaitu Power Supply Berdasarkan Fungsinya, Power Supply Berdasarkan Bentuknya dan Power Supply Berdasarkan Metode Konversinya.

1. Berdasarkan Bentuknya
Berdasarkan bentuknya power supply dibedakan menjadi dua jenis.Power Supply Build Up adalah power supply yang menyatu dengan alat elektronik lainnya seperti pada TV. Sedangkan Power Supply Stand Alone adalah power supply yang berdiri sendiri seperti di rangkaian CPU di komputer.

2. Berdasarkan Fungsinya
Jika dilihat dari fungsi power supply dibedakan menjadi tiga yaitu Adjustable Power Supply, Regulated dan Unregulated Power Supply.




  • Adjustable Power Supply adalah Jenis power supply yang memasok arus DC yang arusnya bisa diatur sesuai kebutuhan.
  • Regulated Power Supply adalah Power supply yang dapat menjaga kestabilan tegangan dan arus listrik walaupun suda mengalami perubahan dari sumbernya.
  • Unregulated Power Supply adalah Jenis Power Supply yang arus listriknya dapat berubah ubah saat sumber listrik mengalai perubahan.
3. Berdasarkan Metode Konfersinya
Sedangkan berdasarkan konfersinya Power Supply yaitu Power Supply Linier yang dapat mengkonversi tegangan listrik secara langsung dari input, dan Power Supply Switching yang harus mengkonversi tegangan input ke pulsa AC ataupun DC terlebih dulu.

Fungsi Power Supply

Fungsi utama dari Power Supply ini yaitu memberikan suplay tegangan dari tenaga listrik yang melewati power supply itu sendiri yang akan ditujukan ke bagian bagian elektronik atupun komponen elektronik. Selain itu Power Supply juga memiliki fungsi untuk mengubah tegangan AC menjadi
DC.

Demikian ulasn informasi yang ozelektronika bagikan ini mengenai Pengertian dan Fungsi Power Supply, semuga bermanfaat bagi pembaca dan jangan lupa bagikan ulasan ini. Sampai jumpa pada pertemuan selanjutnya yang akan memberikan informasi tentang dunia elektronika, yang pastinya tetap di sini di ozelektronik.blogspot.com.
Facebook CommentsShowHide

3 comments

makasih banyak informasinya. bisa bantu jwb tugas power supply hp

Balas

akhirnya saya menemukan artikel ini

Paket internet

Balas

pengertiannya sangat mudah dipahami

Paket internet

Balas