-->

Pengertian dan Prinsip Kerja PLC

Pengertian dan Prinsip Kerja PLC- Di perindustrian kalau anda pernahmilihat industri seperti industri pembuat roti atau yang memroduksi lainnya, kita bisa menjumpai alat alat canggih yang dijalankan hanya dengan sebuah komputer. Tapi kalau komputer itu saja tudak cukup karena masih ada alat yang lebih penting yang sering digunakan di perindustrian, yaitu adalah PLC.

PLC atau singkatan dari Programmable Logic Controler ini adalah suatu alat elektronika yang memiliki fungsi untuk mengendali yang beroprasi secara digital yang sudah di desain untuk pemakaian di industri. Di PLC sistem itu bisa beroprasi dan bisa diubah karena terdapat memori yang bisa menyimpan secara internal data intruksi yang mengiplementasi fungsi fungsi spesifik seperti logika.

Pengertian dan Prinsip Kerja PLC

oke pada kesempatan kali ini ozelektronika akan membagikan sebuah informasi mengenai Pengertian dan Prinsip Kerja PLC, munkin kita sebagai penyuka atau masih belajar mengenai ilmu elektronika setidaknya anda perlu mempelajari atau memahami lebih dekat mengenai pengertian PLC dan di bawah ulasan mengenai Pengertian dan Prinsip Kerja PLC  simak baik baik agar anda memahaminya.

Pengertian Progammable Logic Contriller

Pengertian PLC atau Progammable Logic Controller ini adalah suatu sistem microprossesor lengkap yang bisa bekerja mandiri, komputer elektronik yang mudah digunakan (user friendly) yang memiliki fungsi kendali untuk berbagai tipe yang beraneka ragam.

Didifinisikan menurut capiel (1982) PLC sebagai sistem elektronika yang beroprasi secara digital yang sudah di desain untuk pamakaian diindustri, PLC mengunakan sistem yang dapat disimpan dimemori internal PLC tersebut. Program yang disimpan itupun memiliki fungsi spesifik seperti logika, pencacahan, pewaktuan, pengurutan dan pengaturan operasi aritmatik untuk mengontrol mesin atau proses melalui modul-modul I/O digital maupun analog.

Prensip Kerja PLC

Secara umum Prinsip Kerja PLC adalah sebagai berikut:
1. Sekuensial Control. PLC 
Memproses input sinyal biner menjadi output yang digunakan untuk keperluan pemrosesan teknik secara berurutan (sekuensial), disini PLC menjaga agar semua step atau langkah dalam proses sekuensial berlangsung dalam urutan yang tepat.
2. Monitoring Plant. PLC 
Secara terus menerus memonitor status suatu sistem (misalnya temperatur, tekanan, tingkat ketinggian) dan mengambil tindakan yang diperlukan sehubungan dengan proses yang dikontrol (misalnya nilai sudah melebihi batas) atau menampilkan pesan tersebut pada operator.
3. Shutdown System
Prinsip kerja sebuah PLC adalah menerima sinyal masukan proses yang dikendalikan lalu melakukan serangkaian instruksi logika terhadap sinyal masukan tersebut sesuai dengan program yang tersimpan dalam memori lalu menghasilkan sinyal keluaran untuk mengendalikan aktuator atau peralatan lainnya.
Nah, sekian informasi yang ozelektronika bagikan mengenai Pengertian dan Prinsip Kerja PLC semuga informasi yang saya bagikan ini bermanfaat bagi anda pembaca ulasan ini jangan lupa bagikan ke teman anda. Sampai jumpa diulasan terbaru menegnai dunia elektronika disini pastinya di ozelektroika.blogspot.com .
Facebook CommentsShowHide

1 comments: