-->

Cara Membuat Lampu Running Text Sendiri Murah


Cara Membuat Lampu Running Text Sendiri Murah- Oke kali ini ozelektronika akan memberikan info mengenai Cara Membuat Lampu Running Text Sendiri Murah. Lampu running  adalah kumpulan dari lampu LED yang bisa menyala teratur sehingga bisa membentuk huruf, ini juga berguna untuk menyampaikan informasi. lampu ini juga cocok untuk sarana iklan. Running text juga sering disebut sebagai moving sign. Tidak hanya bisa menampilkan tulisan saja running LED juga bisa menampilkan gambar.

ozelektronika.blogspot.com

Pasti kalian berpikir bagaimana cara membuatan lampu LED berjalan ini kok kelihatannya rumit sekali. Yaa sebenarnya tidak rumit bila ingin membuatnya kita juga bisa membeli bahan bahannya di toko-toko elektronika. Kalian juga bisa mengubah tulisan di running text sesuka hati kalian dengan mengunakan laptop,  PC atau mengunakan remote.

Oke mari kita simak bahan-bahan apa saja yang di butuhkan untuk membuat lampu running text atau moving sign ini. Komponen terpenting disini adalah IC. IC singkatan dari Integrated Circuit mungkin sebagian dari kalian follower ozelektronika atau anak elektronika pasti sudah tahu apa itu IC, yang ingin mengetahui apa itu Integrated Circuit. Dan dibawah ini daftar rangaian yang perlu anda beli untuk membuat LED berjalan.

  • IC 555 dan IC 4017
  • LED secukupnya
  • Resistor 1k
  • Potensiometer 10k
  • Capasitor 4,7-10uF
Setelah kalian membersiapkan bahan-bahan diatas tersebut anda bisa meratiknya dengan memperhatikan gambar rangkaian running LED dibawah ini. 


Jangan sampai lupa memasang potensiometer karena potensiometer disini berfungsi sebagai kecepatan nyala dan matinya LED bukan untuk terang dan redupnya LED, dan pada rangkaian ini memakai potensiometer dengan nilai hambatan 10k. Pada gambar rangkaian diatas perlu anda ketahui hanya menggunakan 10 LED saja jika kalian ingin menambahkan LED untuk membentuk huruf kalian bisa merombak rangkaian tersebut sesuka hati kalian. Jangan lupa menyamakan ukuran LED dan menentukan warna yang kalian ingnkan.

Bagaimana gampangkan Cara Membuat Lampu Runing Text sendiri Murah, semuga percobaan yang kalian lakukan bisa menambah ilmu mengenai ilmu elektronika. Sekian informasi pada kesempatan ini semuga bermanfaan bagi sobat ozelektronika, jangan lupa membagikan informsi yang bermanfaat kepada teman-teman kalian. Sampai jumpa diinformasi selanjutnya tentunya mengenai elektronika dan hanya disini di ozelektronik.blogspot.com.

Facebook CommentsShowHide

1 comments: