-->

Pengerian Mikrokontroler Beserta Fungsinya

http://ozelektronika.blogspot.com/2017/04/pengerian-mikrokontroler-beserta.html
Pengertian Mikrokontroler Beserta Fungsinya - Membahas mengenai Mikrokontroler. Ya mikrokontroler seperti namanya dibagi menjadi 2 kata micro dan controler. Micro yang mempunyai arti kecil alat yang kecil dan controler yang mempunyai arti kendali/pengendali. Kita bila berada di pabrik besar kita bisa menjumpai alat ini.

Mikrokontroler ini digunakan untuk mengatur atau mengontrol sesuatu proses. Pada proses pembuatannya mikrokontroler ini dibuat dengan mencampur atau menggabung berbagai jenis komponen komponen elektronika yang ditempatkan di PCB yang berukuran kecil, proses pengecilan komponen terus berlangsung sampai suatu kontroler dapat dikemas dalam satu chip tunggal (one chip microcomputer).

Nah.Pada kesempatan kali ini, ozelektroika akan membagikan ulasan mengenai Pengerian Mikrokontroler Beserta Fungsinya. Mari kita simak baik baik tentang apa Pengertian Mikrokontroler dan juga apa fungsi utamanya, dibawah ini ulasannya.


Pengerian Mikrokontroler Beserta Fungsinya

Pengertian Mikrokontroler

Mikrokontroler adalah Suatu chip atau kipingan yang bisa mengontrol suatu proses atau sebuah rangkaian elektronik. Mikrokontroler terdiri dari CPU, ROM, counter-timer, I/O dan unit pendukung seperti ADC. Pada umumnya kontroler ini bisa menyimpan program yang sudah dibuat untuk mengoperasikan suatu alat.

Mikrokontroler merupakan komputer yang berada di dalam chip yang bisa digunakan untuk mengontrol sebuah alat elektronik. selain menghemat biaya juga bisa mengurangi jumlah pemakaian komponen elekronik. Dibagian dalam dari Mikrokontroler ini terdapat Mikroprosesor. Dimasa sekarang ini masih banyak kontroler yang dikendalikan mikroprosesor, mikroprosesor yang sering dijumpai adalah Intel 8088,Motorola 6809, Zilog Z10 dsb.

Fungsi Mikrokontroler

Bila ingin mengunakan mikrokontroler kita memerlukan perangkat keras dan perangkat lunak yaitu sering disebut sistem minimum kontroler. Mikrokontroler memiliki 4 bagian dasar yaitu:

  1. Prosesor
  2. rangkaian reset
  3. rangkaian clock guna memberi detak pada CPU,
  4. rangkaian catu daya

Sebenarnya terdapat banyak sekali fungsi dari mikrokontroler ini maka akan saya jelaskan fungsi fungsi yang bisa dikatakan penting. Dibawah ini fungsi- fungsinya:
  • Sebagai Flip -  Flop
  • Sebagai Decoder dan Encoder
  • Sebagai Pembangkit Osilasi
  • Sebagai Timer / Pewaktu
  • Sebagai Counter


Nah, itu tadi fungsi- fungsi yang bisa dikatakan penting untuk mikrokontroler. Demikian ulasan kali ini mengenai Pengerian Mikrokontroler Beserta Fungsinya semuga bermanfaat bagi anda semua dan jangan lupa untuk membagikan ulasan ini. Sampai jumpa di ulasan berikutnya yang pastinya tetap memberikan informasi mengenai dunia elektronika di sini, di ozelektronika.blogspot.com .
Facebook CommentsShowHide

1 comments: